Yunisa Satono Resmi Buka Jambore Genre se-Kabupaten Sambas

Editor: Admin author photo

Ket: Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sambas menggelar Jambore Generasi Berencana (Genre) se-Kabupaten Sambas dan Pencegahan Anemia pada remaja salam rangka Implementasi Nyata Genre Cegah Stunting (Ini Genting) Kabupaten Sambas. Kamis (18/7/2024) di Aula Keberbakatan Dikdaya Kabupaten Sambas. 

Kabarsambas.com - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Sambas menggelar Jambore Generasi Berencana (Genre) se-Kabupaten Sambas dan Pencegahan Anemia pada remaja salam rangka Implementasi Nyata Genre Cegah Stunting (Ini Genting) Kabupaten Sambas. Kamis (18/7/2024) di Aula Keberbakatan Dikdaya Kabupaten Sambas. 


Kegiatan tersebut juga sebagai rangkaian dari Peringatan HUT ke-393 Kota Sambas dan Hari Jadi ke-393 Perpindahan Ibu Kota Kabupaten Sambas. Jombore Genre se-Kabupaten Sambas yang menyongsong tema Generasi Gemilang, Remaja Sambas Berkemajuan. 


Bunda Genre, Hj. Yunisa menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung, bersinergi dan berkontribusi untuk melakukan kegiatan tersebut. 


Ia mengatakan hadirnya dalam kegiatan tersebut sebagai partisipasi selaku orang tua kepada kepada generasi muda yang mana mereka merupakan generasi generasi penerus bangsa yang akan datang. 


"Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa Duta Gendre merupakan ajang pemilihan remaja yang mana nantinya mereka bisa berperan memberikan wawasan kepada generasi muda atau teman sebayanya tentang kesehatan reproduksi dan bahaya pernikahan dini, selain itu juga bisa mewujudkan generasi yang bebas narkoba, HIV/AIDS dan lain sebagainya," jelasnya. 


Melalui Duta Genre diharapkan dapat membantu menurunkan angka pernikahan dini, kehamilan remaja, dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perencanaan masa depan di kalangan remaja. 


"Dengan adanya kegiatan ini juga bisa menjadi suatu benteng bagi generasi-generasi kita yang akan datang sehingga tidak tergiur akan adanya narkoba ataupun sejenis obat obatan yang dilarang," kata Yunisa. 


Sehingga dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan bisa menjadi kontribusi yang baik khususnya kepada anak dan bisa diimplementasikan kepada lingkungan minimal kepada diri sendiri, dan lingkungan keluarganya masing masing.


Pemilihan Duta Genre yang dipilih bukan yang good looking tetapi yang bisa public speaking agar nantinya Duta Genre bisa mensosialisasikan kepada anak anak remaja ataupun anak muda yang ada di lingkungan sekalian.


"Sebagaimana yang kita ketahui bersama di tahun 2030 hingga tahun 2040 nanti bangsa kita atau negara Indonesia itu akan mengalami bonus demografi yang mana kita ketahui bersama bonus demografi adalah yang usia produktif di usia 14 tahun sampai 64 tahun itu angkanya lebih besar daripada angka yang tidak produktif ataupun usia 64 tahun ke atas itu lebih kecil daripada usia produktif. untuk menghadapi bonus demografi ini maka harus mempersiapkan generasi-generasi yang produktif dan mempunyai skill untuk bisa menjadi yang lebih baik di masa yang akan datang," ungkap Bunda Genre Kabupaten Sambas. 


"Pada tahun 2045 Indonesia akan menyongsong generasi emas ataupun disebut dengan Indonesia emas oleh sebab itu mulai dari saat inilah bagaimana kita bangsa Indonesia khususnya di Kabupaten Sambas untuk mempersiapkan generasi-generasi emas. Siap tidak siap di tahun 2045 kalian akan menjadi generasi yang memiliki skill yang baik," tambahnya. 


Selain itu, Bunda Genre juga menuturkan tujuan perempuan untuk meraih pendidikan tinggi bukan untuk menyaingi laki-laki tetapi untuk bagaimana mempersiapkan nanti ketika menjadi seorang ibu sehingga bisa membentuk generasi-generasi yang akan datang menjadikan generasi yang berkualitas.


Terakhir, Yunisa berharap di tahun yang akan datang ada remaja yang berasal dari Kabupaten Sambas bisa berkontribusi di Genre tingkat Kalimantan Barat bahkan ke kancah nasional. (Sai)

Share:
Komentar

Berita Terkini